Saturday 27 November 2021

EMBEDEDD SYSTEM

EMBEDEDD SYSTEM (SISTEM TANAM)


       Sistem embedded modern yang pertama dikenal adalah Apollo Guidance Computer, dikembangkan oleh Charles Stark Draper di MIT Instrumentasi Laboratorium, awal 1960-an. 

    Apollo Guidance Computer (AGC) adalah on-board digital computer (papan komputer digital), diinstall di setiap acecraft program Apollo, baik Command Module (CM) dan Lunar Module (LM). Disediakan onboard computation untuk mendukung spacecraft guidance, navigasi dan kontrol. 

    Sistem embedded merupakan computing device yang didesain dengan tujuan tertentu secara spesifik untuk melakukan fungsi  tertentu. Sistem embedded terdiri dari perangkat keras dan  perangkat lunak. 

    Perangkat keras meliputi mikroprosesor atau mikrokontroler dengan penambahan memori eksternal, I/O dan komponen lainnya seperti sensor, keypad, LED, LCD, dan berbagai macam aktuator lainnya.  Perangkat lunak embedded merupakan penggerak pada sistem embedded. Sebagian besar perangkat lunak sistem embedded real time memiliki program aplikasi yang spesifik yang didukung oleh Real Time Operating System (RTOS). 


      Hubungan Embedded System dengan Microcontroller adalah sebuah komputer kecil di dalam satu sirkuit yang berisi inti prosesor, memori, dan input/output peripheral yang dapat diprogram, dan di desain khusus untuk embedded system. Microcontroller berukuran kecil dan murah, sangat berbeda dengan apa yang ada di komputer. 

Komponen utama embededd system :

1. Hardware
  • Power Supply
  • Processor
  • Memory
  • Timers
  • Serial communication ports
  • Output/Output circuits
  • System application specific circuits

2.  Software
    Embedded system memiliki software yang ditulis dalam bahasa yang lebih dekat/dikenali oleh hardware, misalnya Assembly, C, C++, Java

3.  Real-Time Operating System
    RTOS membawahi software dan menyediakan mekanisme agar prosesor dapat menjalankan proses sesuai jadwal dan melakukan switching dari satu proses (tugas) ke proses lain. Contoh RTOS: VxWorks, OS9, RTLinux, Symbian.






No comments:

Post a Comment

EMBEDEDD SYSTEM

EMBEDEDD SYSTEM (SISTEM TANAM)         Sistem embedded modern yang pertama dikenal adalah Apollo Guidance Computer, dikembangkan oleh Charle...