Friday 27 November 2020

NETWORK SECURITY

                                                   METODE KEAMANAN JARINGAN

  • enkripsi : salah satu pembatasan akses adalah dengan enkripsi.  proses enkripsi mengcode data dalam bentuk yang hanya dapat  dibaca oleh sistem yang mempunyai kunci untuk membaca data.
  • terminologi kriptografi : kriptografi (cryptography) merupakan  ilmu dan seni untuk menjaga pesan agar aman.
  • terminology enskripsi-deskripsi : proses yang digunakan untuk  mengamankan sebuah pesan (yang disebut plaintext) menjadi  pesan yang tersembunyi (disebut cipertext) adalah enkripsi (encryption). chipertext adalah sebuah pesan yang sudah tidak  dapat dibaca dengan mudah.
  • digital signature : digunakan untuk menyediakan authentication,  perlindungan, integritas, dan non-repudiation.
  • algoritma checksum/hash : digunakan untuk menyediakan  perlindungan integritas, dan dapat menyediakan authentication.  satu atau lebih mekanisme dikombinasikan untuk menyediakan  security service.

         SYARAT KEAMANA KOMPUTER

  • prevention (pencegahan) : akses yang tidak diinginkan kedalam  jaringan komputer dapat dicegah dengan memilih dan melakukan  konfigurasi layanan (services) yang berjalan dengan hati-hati
  • observation (observasi) : perawatan jaringan komputer harus  termasuk melihat isi log yang tidak normal yang dapat merujuk ke  masalah keamanan yang tidak terpantau. system ids dapat digunakan  sebagai bagian dari proses observasi tetapi menggunakan ids  seharusnya tidak merujuk kepada ketidak-pedulian pada informasi log  yang disediakan.
  • response (respon) : bila sesuatu yang tidak diinginkan terjadi dan  keamanan suatu system telah berhasil sisusupi , maka personil perawatan harus segera mengambil tindakan. tergantung pada proses  produktifitas dan masalah yang menyangkut dengan keamanan maka  tindakan yang tepat harus segera dilaksanakan.


No comments:

Post a Comment

EMBEDEDD SYSTEM

EMBEDEDD SYSTEM (SISTEM TANAM)         Sistem embedded modern yang pertama dikenal adalah Apollo Guidance Computer, dikembangkan oleh Charle...